Bukit Eksotis nan Romantis

Posted by on Aug 8, 2017 in melancong | No Comments
Bukit Eksotis nan Romantis

Medan, (Halosumut) SIMARJARUNJUNG adalah nama sebuah daerah di tepian Danau Toba. Belakangan daerah ini populer karena beberapa netizen mengunggah swa foto mereka di akun sosial media, tatkala berada di kawasan Simarjarunjung. Simarjarunjung sendiri memuat dua lokasi wisata. Pertama Bukit Indah Simarjanjung, dan kedua, Panorama Indah Simarjunjung. Dua lokasi wisata ini menjual landscape Danau Toba sebagai pemenuhan kebutuhan swa foto pengunjungnya.

Wisata utama yang disajikan adalah rumah pohon namun ada yang menyebutnya sebagai Pohon Cinta karena menawarkan pemandangan eksotis khas daerah tropis nan romantis. Sebetulnya selain rumah pohon, di bukit indah simarjarunjung ini juga terdapat flying fox. Meski panjangnya cuma 100 meter, namun teriakan histeris kerap tercipta dari pengunjung yang sedang bermain flying fox. Sebagai informasi, tarif flying fox ini berkisar Rp. 30 Ribu orang. Jika pengunjung ingin kemping boleh juga membawa tenda dengan tarif Rp. 30 ribu per tenda.

Menuju lokasi wisata Simarjarunjung, Anda dapat memilih beberapa titik awal perjalanan. Mulai dari Medan melalui melalui Berastagi menuju ke Samosir atau Parapat. Pun dari Pematang Siantar menuju arah Prapat. Jika berangkat dari Medan, setidaknya menghabiskan bensin kendaraan roda empat sebesar Rp. 150. 000, setara dengan 20 liter bensin.

Untuk mendatangi wisata ini maka harus menuju daerah Kabupaten Simalungun atau tepatnya berada di Jalan Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Artinya dari Prapat, Anda harus belok ke kanan, ke arah Kabupaten Simalungun, tepatnya ke arah Kecamatan Sidamanik. Lebih mudahnya tandai SPBU Pertamina di persimpangan. Dari jalur itu ikuti saja jalan utama menuju Kecamatan Dolok Pardamean. Ada beberapa kecamatan yang dilalui, di antaranya Kecamatan Marimbun, Kecamatan Sidamanik, Kecamatan Pamatangsidamanik dan Dolok Pardamean. Tak dipungkiri kondisi jalannnya masih terbilang memprihatinkan. Setidaknya di beberapa titik kecamatan kondisi jalan berlubang dan berlumpur masih di dapati.

Sebuah plang wisata bertuliskan ‘Selamat datang di panaroma indah Simarjajunjung’ adalah pertanda bahwa Anda sudah memasuki kawasan wisata Simarjarunjung. Sebuah gerbang yang letaknya di ujung jalan akan terlihat. Melewati gerbang, pengunjung akan berhadapan dengan jalan menurun dan berkelok. Lebih kurang 100 meter, sebuah loket pun terlihat. Berhentilah. Seorang petugas akan memberikan tiket masuk retribusi  lokasi wisata sebesar Rp. 20.000 per orang.

Mata pengunjung dimanjakan dengan keindahan panaroma Danau Toba dari ketinggian perbukitan Simarjajunjung. Angin yang bertiup pun terasa sejuk menyapa tubuh. Bukit Simarjajunjung merupakan swadaya masyarakat. Mereka membuat puluhan spot swa foto yang beragam. Misalnya ada spot foto bertuliskan I love you dan bertuliskan bunga, dan spot foto lainnya. Spot foto ini ditawarkan pengelola dengan beragam harga yang berkisar dari Rp. 5000- Rp. 20.000. Ada pun rata-rata ketinggian spot foto mulai dari 2 meter- 20 meter.

Demi tingkat keselamatan lokasi wisata ini, menurut pengelola mereka berkerjasama dengan kelompok outbond untuk tali temali dan safety para pengunjung tatkala melakukan swa foto.

Sayang lokasi wisata ini sangat minim air. Padahal menurut cerita, warga telah menggali tanah puluhan meter, namun air tetap sulit. Terlepas dari kebutuhan swa foto itu, paling penting diperhatikan adalah tingkat keselamatan. Sebutlah misalnya di spot-spot swa foto yang terjal, rumah pohon dan lainnya. Dan, halosumut, tidak merekomendasikan wisata ini bagi yang takut ketinggian.

Jika rasa lapar datang, dan bekal makanan Anda habis, pengunjung tak perlu khawatir, karena beberapa warung yang menjual makanan minuman ringan juga disediakan oleh pihak pengelola. Secara umum rata-rata pengunjung yang datang lebih banyak remaja. Meskipun ada juga beberapa pengunjung yang juga membawa anak-anak kesana. Tentu saja spot yang dtawarkan pihak pengelola adalah spot yang aman bagi anak-anak. Jadi apalagi? (Elina Lubis)

 

10,163 total views, 4 views today

Tinggalkan Pesan