Edy Rahmayadi: Semangatlah Petani di Sumut

Posted by on Aug 20, 2017 in gubsu tanda petik | No Comments
Edy Rahmayadi: Semangatlah Petani di Sumut

Letjen TNI Edy Rahmayadi (ketiga kanan) di dampingi Devy Sukendro (ketiga kiri) dari Yayasan Tani Indonesia dan para kelompok tani melakukan panen bersama di areal persawahan penangkaran benih padi Desa Rumania, Pantai Labu, Deli Serdang, Jumat (18/8). (Halo Sumut/Edy Regar)

Medan, (halosumut) Lebih kurang 200 petani telah berkumpul di areal persawahan Desa Ramonia, Pantailabu, Deliserdang, pada Jumat (18/8). Kehadiran tokoh masyarakat Sumatera Utara, Edy Rahmayadi memberikan satu warna baru bagi aktivitas para petani hari itu.

Kabar tentang sosok yang dikenal peduli dengan pertanian pun akhirnya mereka dengar sendiri. Bak ayah dan anak-anak, Edy dan para petani pun berdialog mesra tentang pertanian. “Saya gembira bisa bertemu dengan bapak-bapak petani semua di sini. Meskipun saya tidak tahu kalau ada acara kumpul-kumpul begini. Tapi saya bersyukur kita bisa duduk bersama dengan bapak dan ibu sekalian,” ucap Edy mengawali dialognya bersama para petani.

Difasilitasi oleh Ketua Pengurus Yayasan Petani Indonesia, Devy Sukendro, para petani pun melakukan kegiatan panen bersama Edy di areal penangkaran benih padi seluas 55 hektar itu. Persis yang diungkapkan Devy, Sumut kekurangan benih padi. Setidaknya berdasarkan data yang Yayasan Petani Indonesia miliki, sampai saat ini benih bantuan yang diberikan pemerintah hanya sebesar 10 persen dari kebutuhan.

Pada 2016 luas tanam padi mencapai 830.000 hektar dengan kebutuhan benih mencapai 20.750.000 kg atau 20 ribu ton lebih. Sementara bantuan pemerintah hanya sekitar 2.000 ton benih. Harapannya, melalui penangkaran benih padi ini dapat mendukung program pemerintah (ketahanan pangan). Terutama dalam penyediaan benih padi unggul yang baik dan bermutu.

Terlepas dari itu, dikatakan Devy juga, Edy merupakan sosok yang peduli terhadap pertanian di Indonesia, khususnya di Sumut. Setidaknya, Yayasan Petani Indonesia mencatat beberapa kegiatan yang pernah yayasan ini lakukan dihadiri oleh Pangkostrad tersebut.

“Ini merupakan bukti bahwa beliau sangat peduli dengan petani. Pada 2015 lalu, Gunungsitoli belum memiliki penangkaran benih. Kemudian ketika kami membuat penangkaran benih padi bekerja sama dengan dinas pertanian Gunungsitoli, saat itu Pak Edy juga hadir,” bebernya.

7,347 total views, 4 views today

Tinggalkan Pesan