Kaharuddin Nasution, Komandan Kopassus Dulu Gubsu Kemudian

Posted by on Sep 6, 2017 in gubsu tanda petik, sang mantan | No Comments
Kaharuddin Nasution, Komandan Kopassus Dulu Gubsu Kemudian

Foto Kaharuddin Nasution (Sumber : Google)

Namanya lebih dikenal sebagai venue olahraga di Riau. Maklum, dia memang gubernur Riau yang kedua. Padahal, Komandan Kopassus ketiga ini pernah menjadi gubernur Sumatera Utara.

Kaharuddin Nasution menjadi gubernur Riau menggantikan SM Amin. Dia menjabat pada 1960-1966. Di kemudian hari, putra kelahiran Medan, 23 Juli 1925, itu juga mengikuti jejak SM Amin sebagai gubernur Sumatera Utara. Jika SM Amin menjadi gubernur yang pertama dan keempat, Kaharuddin menjadi yang ke-12 dan menjabat pada 13 Juni 1983 sampai dengan 13 Juni 1988.

Sejatinya, karir politik mantan Dubes RI untuk Korea Selatan ini berangkat dari dunia militer. Tepatnya masa pendudukan Jepang. Setibanya di Tokyo, sebagai balatentara Jepang, 1945, ia menerima berita Indonesia telah merdeka. Tak pelak, Kaharuddin meninggalkan pasukan dan berlayar menumpang kapal kargo sampai di Syo Nan To (Singapura). Secara diam-diam, kemudian ia melanjutkan berlayar ke Jakarta.

Mula-mula, Kaharuddin bergabung di TRI sebagai Komandan Mobil dan seterusnya mejadi Komandan KMKB Jakarta Raya (1954-1955). Setahun kemudian, 1956, sang mayor pun menjadi komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) yang kini telah mengalami perubahan nama menjadi Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Jabatannya sebagai kmandan Kopasasus berakhir pada 1958. Pada 1959 dia diberi tugas sebagai Komandan RTP I/Operasi Tegas 17 Agustus di Riau Daratan hingga 1960.

Naiknya Kaharuddin Nasution tidak lepas setelah sukses menumpas pemberontakan Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI)   melalui “Operasi Tegas”. Letkol Kaharuddin kemudian ditugasi oleh Presiden Soekarno menjadi Gubernur Riau kedua usai SM Amin, mulai 1960-1966.

Karir kemiliteran Kaharuddin berakhir dengan pangkat letnan jenderal alias bintang tiga. Pada 1990, tepatnya ketika usianya 65 tahun, tokoh yang mengabdi di dunia milter sejak 1945 hingga 1975 inimeninggal dunia. Dia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan DKI Jakarta. (ragam sumber)

7,947 total views, 2 views today

Tinggalkan Pesan