Melukis dengan Cahaya

Posted by on Aug 9, 2017 in kombur | No Comments
Melukis dengan Cahaya

Melukis dengan Cahaya

Oleh Edy Regar


Keberadaan fotografi pada era digital ini kian marak. Perangkat yang ditawarkan semakin mempermudah para penggunanya. Mulai dari tipe kamera Digital Single Lens Refleks (DSLR), poket, dan mirrorless. Kemudahan yang ditawarkan tidak semata mengabaikan pencahayaan sebagai materi utama dalam fotografi.  Kembali dalam khasanah foto dalam artian ‘photos’ dan ‘graphos’ melukis dengan cahaya. Tetapi terkadang para pengguna kurang memahami akan pentingnya cahaya dalam fotografi.

Sebagai langkah awal, alangkah baiknya kita ketahui cahaya itu apa dan bersumber dari mana. Cahaya dalam bahasa ilmiah didefinisikan sebagai dualisme gelombang transversal elektromagnetik dan aliran partikel yang disebut foton.

Sementara sumber cahaya terbagi dalam dua yaitu, sumber cahaya alami dan cahaya buatan. Dalam tulisan kali ini saya akan membahas cahaya alami saja dulu ya. Cahaya alami bersumber dari matahari, bulan, dan bintang. Untuk pencahayaan yang bersumber dari matahari dibagi menjadi beberapa bagian.

Direct Light

Direct Light cahaya matahari langsung jatuh menimpa subjek. Berkas cahayanya kuat, terjadi kontras yang mencolok antara bagian yang terkena sinar matahari dengan yang tidak. Diffused Light, cahaya baur terjadi ketika sinar matahari tertutup awan, terhalang gedung-gedung bertingkat atau pepohonan, berkabut atau karena debu yang berterbangan. Pada kondisi ini cahaya datang dari berbagai arah, menghasilkan cahaya yang lembut dan merata dengan tone yang halus.

Contoh foto Direct Light

Window Light

Window Light bila cahaya matahari jatuh melalui jendela, efeknya hampir sama dengan direct light. Window Light menghasilkan kontras yang kuat antara bayangan dengan bagian yang terkena cahaya. Subjek yang tercahayai akan lebih menonjol dan langsung menarik perhatian mata karena sekitarnya terlihat gelap. Reflected Light adalah pencahayaan yang terjadi dari pantul permukaan tertentu. Air adalah salah satu reflektor yang paling dikenal. Selain itu pasir atau dinding yang putih juga dapat menjadi reflektor.

Contoh foto Window Light

7,893 total views, 6 views today

Tinggalkan Pesan