Pakai Tata Ultra Produktifitas Usaha Bertambah

Posted by on Feb 15, 2018 in etalase | No Comments
Pakai Tata Ultra Produktifitas Usaha Bertambah

Adhyaksha Wahyu (kiri) selaku Service Engineer TMDI berbincang dengan seorang SPG usai acara ‘Tata Truck Media Workshop 2018’ di halaman Hotel Grand Mercure Angkasa Medan, Kamis (15/2). PT. Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memperkenalkan mobil truk ‘Ultra’ dengan kapasitas 3783 cc kepasaran Sumut dengan daya angkut yang lebih besar. (halosumut/edy regar)

Medan, (Halosumut)

Sejak 2015 Tata Motors di Indonesia, Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia yakni Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) telah fokus bermain di segmen kendaraan niaga. Boleh dibilang Pick up yang mereka besutpun telah diterima dengan baik. Kini Truk Tata Prima series dan Tata Ultra mulai dilirik konsumen. Bahkan menjadi primadona baru truk tambang dan truk logistik. Seperti apa keunggulannya?

Ada lima keunggulan Tata Ultra, yakni, Ultra Versatile, Ultra Style, Ultra Performance, Ultra Comfort, dan Ultra Safe.  Tata Ultra 1012 memiliki berbagai varian yang sesuai untuk setiap aplikasi, dirancang dengan pertimbangan teknis untuk mengakomodasi karoseri. Kapasitas angkut Tata Ultra 1012 berkisar empat (4) sampai tujuh (7) ton dengan dimensi lebar bak 2,2 meter dengan pilihan panjang 4-6 meter. Kendaraan niaga ini juga dihadirkan dengan kombinasi antara teknologi terkini dan sosok yang lebih modern. Untuk segala fungsi dan pemakai, Tata Ultra 1012 menciptakan standar baru di segmen kendaraan komersial ringan di Indonesia dengan biaya terendah, keamanan yang baik dan aneka fitur.

Secara performance, truk ini dibekali mesin diesel Tata 497 TCIC 3.783 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 125 PS @2400 rpm dan torsi terbesar dibanding kompetitornya yakni sebesar 400 Nm @1300-1500 rpm. Gross Vehicle Weight (GVW) sebesar kurang lebih 10 ton. Transmisinya pun menggunakan Transmisi G-550 dengan enam gigi dengan overdrive (OD). Sisi kenyamanannya, truk ini didesain kabin interior yang menitikberatkan pada kenyamanan dan keselamatan.

Menariknya di samping mekanisme kendaranya, keunikan dari Tata Ultra 1012 adalah kokpitnya yang fungsional dan menarik. Desain kabinnya memberikan pengemudi sudut pandang yang luas. Hal ini tentunya memberi nilai kenyamanan dan keselamatan yang tinggi dengan seat adjuster, steering adjuster dan weight control seat. Karakteristik sistem kemudi power steeringnya  pun ringan.

Selain itu Tata Ultra 1012 juga dibekali pula oleh tilt and telescopic collapsible steering yang dapat menambah kenyamanan posisi mengendara dan mengoptimalkan stabilitas saat kendaraan, ketika dipacu dalam kecepatan tinggi. Terkait suspensi, Ultra 1012 dilengkapi parabolic leaf spring bagian depan dan semi eliptic leaf pada bagian belakang. Keduanya dilengkapi shock absorber dan rubber bushing. Dengan kapasitas kursi tiga (3) buah dengan konfigurasi berjajar satu (1) sopir dan dua (2) Penumpang. Kursinya dapat disesuaikan. Bisa digeser maju mundur dan direbahkan ke belakang.  Secara keamanan, Tata Ultra 1012 merupakan truk ringan pertama di Indonesia yang menggunakan Full Air Brake dan ban radial tubeless. Ban radial menawarkan daya cengkeram kuat sehingga meningkatkan keamanan mengendara. Bicara keamanan, Tata Ultra juga menyajikan neutral switch, side beam impact dan three points active retractable safety belt. Adapun chassis mengunakan teknologi Rolled Frame dengan material high tensile.

Informasi perihal kendaraan niaga jenis truk yang diluncurkan Tata Motors ini terangkum dalam pagelaran bertajuk ‘Tata Truck Media Workshop’ di Hotel Grand Mecure Medan, Kamis (15/2).  Sebanyak 30 jurnalis Medan hadir dalam program berkelanjutan TMDI itu. Kota Medan merupakan kota keempat pada 2018.  Sebelumnya diadakan di Tangerang untuk  Jurnalis  Media di Jakarta dan Banten pada Februari 2017, di Bandung pada Desember 2017, dan di Lampung pada Januari 2018.

 

Wilda Bachtiar selaku CV Marketing Manager TMDI memberikan penjelasan kepada jurnalis dalam acara ‘Tata Truck Media Workshop 2018’ di halaman Hotel Grand Mercure Angkasa Medan, Kamis (15/2). PT. Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memperkenalkan mobil truk ‘Ultra’ dengan kapasitas 3783 cc kepasaran Sumut dengan daya angkut yang lebih besar. halosumut/edy regar

Sepuluh Besar di Dunia

Corporate Communication Head TMDI, Kiki Fajar mengungkapkan, workshop ini bertujuan agar jurnalis semakin mengerti dan paham tentang teknologi kendaraan niaga yang tersemat di truk-truk Tata Motors, baik dari aspek umum dan teknis, termasuk positioning dan segmentasinya di peta industri otomotif nasional. Mengingat, jurnalisme industri otomotif selalu menarik untuk diberitakan baik di segmen kendaraan penumpang dan kendaraan niaga.

“Seperti halnya kegiatan pertamanya, para Jurnalis diperkenalkan dengan wawasan truk secara umum, teknis dan teknologi serta aplikasi-aplikasinya. Lalu disampaikan juga penjelasan seputar tren pasar kendaraan niaga nasional secara umum dan pertumbuhan sesuai segmennya masing-masing,” katanya kepada media.

Tak dipungkiri membaiknya harga komoditas pertambangan dan perkebunan. Termasuk transportasi umum, konstruksi dan infrastruktur mendorong membaiknya pasar kendaraan niaga di tahun ini. Apalagi dengan pesatnya pertumbuhan e-commerce yang memicu geliat bisnis logistik, informasi kendaraan niaga semakin menarik diperhatikan. Hal ini ditambahkan CV Marketing Manager TMDI, Wilda Bachtiar, di tengah sesi workshop.

Diungkapkannya bahwa persaingan di segmen kendaraan niaga semakin bergairah dengan adanya merek Tata Motors. Malah diakuinya sejak 2015 fokus bermain di segmen kendaraan niaga. Sebagai informasi TMDI sampai saat ini sudah memiliki 313 lebih Touch Points (jaringan pelayanan purna jual) yang terdiri dari fasilitas 28 lokasi 3S (Sales, Service, Spare parts), 6 titik 1S (Sales) outlet, 77 titik Tata Certified Workshop (TCW) dan 202 Toko Suku Cadang di seluruh Indonesia.

Sebagai pembuat truk dan bis 10 besar dunia, disebutkan Wilda, Tata Motors yakin telah mempersembahkan truk ringan yang kuat, aman, hemat BBM dan multi guna untuk pasar Indonesia, melalui Tata Ultra. Tata Ultra diyakini akan menjadi aset bisnis yang penting bagi customer Tata Motors dan akan menjadi pilihan utama dunia usaha yang sangat kompetitif.

“Singkatnya desain Tata Ultra telah disesuaikan dengan perkembangan terkini sesuai kebutuhan konsumen saat ini,” sambung Kiki.

Performa yang superior, desain dan kenyamanan kabin kelas dunia, daya angkut yang tinggi serta konfigurasi beban bodi yang beragam. Paling penting mampu menambah produktifitas usaha dan umur pakai yang lebih lama.

“Satu lagi, meskipun kini sudah zaman online. Selama teknologi perpindahan tempat belum tercipta, maka transportasi melalui kendaraan roda dua, roda empat, truk pasti akan tetap berlangsung,” pungkas Wilda sembari tersenyum. (elina)

3,708 total views, 1 views today

Tinggalkan Pesan