Semalam di Simalem Resort

Posted by on Aug 8, 2017 in melancong | No Comments
Semalam di Simalem Resort

One Three Hill merupakan puncak tertinggi yang ada di Taman Simalem Resort, Lokasi ini merupakan tempat terbaik untuk melihat panorama Danau Toba (Halo Sumut/Jon)

Medan, (halosumut) PERNAH mendengar Taman Simalem Resort? Ini adalah lokasi wisata yang berada di Km 9, Jalan Raya Merek, Sidikalang, Kodon-Kodon, Merek, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara 22173. Tempat wisata yang berada di Tanah Karo, Sumatera Utara ini bisa ditempuh dari Medan-Brastagi-Kabanjahe-Merek. Jika mengendarai sepeda motor, hanya dibutuhkan modal bensin senilai Rp. 20.000, yang setara lebih kurang dari 2 liter. Sebaiknya dua kali isi bensin. Bisa diisi di Medan, kemudian isi lagi di Kabanjahe.

Sampai di Merek, sekitar 50 kilometer tibalah di Simalem. Ada gapura sebelah kiri bertuliskan Simalem Resort.  Memang gerbang ini agak ambigu karena tidak jelas jalan yang mana yang menuju ke resort. Lurus bisa, ke kiri bisa. Sebaiknya mengambil jalan ke kiri karena jalannya lebih landai dan tertata. Sekitar 200 meter kemudian tampaklah gerbang Taman Simalem Resort yang sebenarnya. Gerbangnya terbuat dari batu alam berwarna abu-abu. Pada gerbang, jelas tertulis beberapa fasilitas yang disediakan pihak pengelola.

Adapun daftar tarif masuk ke resort seperti berikut, untuk mobil tarifnya Rp.250.000 per mobil. Mengendarai sepeda motor, tarifnya Rp. 125.000, bis dengan 20 seat, Rp. 900 ribu, sedangkan bis lebih dari 20 seat, tarifnya Rp1.200.000. Jalan dari gerbang depan ke area pusat dalam jaraknya sekitar 1-2 kilometer. Sepanjang jalan mata dimanjakan dengan hutan pinus. Lokasi pertama kali yang pengunjung temui adalah titik tengah resort. Namanya adalah air mancur kesejahteraan (fountain of wealth). Air mancur ini memiliki 4 jalan cabang, satu jalur ke gerbang masuk dan taman bunga, satu ke One Tree Hill, satu ke Tongging point, dan satu ke kuil. Di pinggir air mancur terdapat taman yang menghadap langsung ke perkebunan jeruk. Ada juga fasilitas One Tree Hill. Jalur ini dapat diakses bila pengunjung belok kanan ke arah kebun jeruk dari arah gerbang depan saat bertemu Fountain of Wealth. Disini pengunjung bisa melihat danau toba dari titik tertinggi di resort ini. Selain bukit satu pohon tersebut, di jalur ini terdapat pula jalur Trekking ke Air Mancur Kembar. Biaya Trekking adalah 35.000 per orang. Aktivitas Trekking hanya memakan waktu 2.5 jam pulang pergi. Tiket Trekking ini dapat dibeli di Kodon-Kodon Cafe.

Selain fasilitas One Tree Hill, ada fasilitas Pearl of Lake Toba and Tongging Point. Di sini terdapat beberapa tempat seperti taman bernama Pearl of Lake Toba, Kafe Toba, Rumah Wisata Buah, dan Tongging Point beserta amfitheathernya. Taman Pearl of Lake Toba merupakan area terbuka yang cukup bagus untuk lokasi berfoto ria dan menghadap danau di latar sana. Maju agak ke dalam lagi, di ujung jalur ini, terdapat lokasi yang bernama Tongging Point. Lokasi ini dinamai demikian karena dari sini pengunjung bisa melihat Desa Tongging, desa nelayan di bawah sana. Kotak sawah, perahu kecil yang ditambat, dan pantainya sangat indah. Tongging Point pada dasarnya adalah taman besar alias lahan terbuka.

Taman Simalem Resort juga memiliki jalur ke Lapangan Golf dan Kuil. Pun jalur menuju Kebun Binatang, Kebun Bunga, dan Kebun Outbound. Khusus outbound, setidaknya terdapat tiga jalur outbound: yellow circuit, red circuit, dan black circuit. Harganya yang kuning dan merah adalah Rp80.000 per orang, melewati tiga halang rintang. Kuning: jaring laba-laba, jembatan ban, dan flying fox. Merah: jembatan kayu, jembatan ban, dan flying fox.  Yang item harganya Rp120.000 per orang, melewati lima halang rintang, yaitu (kayaknya) jembatan gelantungan, jembatan ban, jembatan tali, jembatan ban 2, dan flying fox. Ada juga pilihan untuk mencoba semua jalur, harganya Rp250.000 per orang.

Selain itu ada juga wahana panjat tebing. Yang ini harganya Rp40.000 per orang. Sepertinya lokasi ini diperuntukkan bagi mereka yang merindukan alam. Karena segala fasilitas yang natural dikemas oleh pihak pengelola. Apalagi fasilitas yang disediakan pun memenuhi kebutuhan pihak perusahaan. Bagi pengunjung biasa, umumnya akan datang ke beberapa spot seperti labirin, spot one three hills, lapangan golf dan kuil, kebun binatang, kebun bunga, outbond, dan air terjun. Mari ke sini. (Elina Lubis)

8,234 total views, 5 views today

Tinggalkan Pesan