SM Amin, Gubsu Pertama Dilantik Presiden

Posted by on Aug 9, 2017 in gubsu tanda petik, sang mantan | No Comments
SM Amin, Gubsu Pertama Dilantik Presiden

Foto SM Amin (Sumber : Google)

Saat itu 19 Juni 1948. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Presiden Indonesia  Ir Soekarno melantik langsung seorang gubernur. Dan, gubernur yang dimaksud adalah Mr Sutan Muhammad Amin Nasution (SM Amin). Gubernur pertama Sumatera Utara.

SM Amin dilantik  sebagai gubernur Sumatera Utara definitif dalam suatu upacara yang dilangsungkan di Pendopo Keresidenan Aceh Provinsi Sumatera Utara. Upacara ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Sukiman Wiryosandjoyo serta rombongan presiden lainnya. Pembesar daerah yang hadir antara lain gubernur militer Aceh, Langkat, dan Tanah Karo Residen Aceh T TM Daudsyah, Sultan Siak Syarif Kasim, dan lain-lain.

Lalu kenapa gubernur Sumut dilantik di Aceh? Hal ini dilakukan tak lain karena situasi negara sedang tidak kondusif. Setidaknya seperti disiarkan surat kabar mingguan “Suasana” yang diterbitkan oleh Penerangan Tentara Resimen V Divisi X, saat pelantikan, pidato Soekarno menyiratkan betapa gentingnya situasi negara di masa itu. Waktu itu Yogyakarta memang belum direbut dan masih diduduki Belanda.

Sekitar 5 bulan kemudian SM Amin melantik DPR Sumatera Utara dalam sidang paripurna yang dilangsungkan di Tapaktuan Aceh mulai 13 sampai dengan 16 Desember 1948.

SM Amin tampaknya ‘akrab’ dengan posisi gubernur. Sebelumnya, tokoh kelahiran Lho Nga, Aceh 22 Februari 1904 ini malah telah dilantik sebagai gubernur muda Sumatera Utara pada 14 April 1947. Dia dilantik oleh Wakil Pemerintah Pusat/Gubernur Sumatera Mr Teuku Moehd Hasan.  Bahkan, setelah menjabat sebagai gubernur definitif sejak 19 Juni 1948 sampai 1 Desember 1948, dia menjadi gubernur lagi pada 23 Oktober 1953 hingga 12 Maret 1956. Dengan kata lain, Gubsu yang memiliki nama pena Krueng Raba Nasution ini menjadi gubernur pertama dan keempat.  Tidak itu SM Amin yang juga merupakan pengacara ini juga tercatat sebagai gubernur Riau yang pertama; dilantik pada 5 Maret 1958. (ragam sumber)

7,849 total views, 4 views today

Tinggalkan Pesan